SUPERMAN vs MR.SIMPLE which one is the BEST ?

Selama kurun waktu satu minggu dan menembus view 4 juta, lantas apakah Mr. Simple memang dilabeli sebagai salah satu HITS song Superjunior selama satu dekade ?

Bagi para fans hal tersebut pastinya akan dijawab dengan 3 huruf yakni YES. Siapa yang meragukan bahwa lirik dan melodi Mr Simple yang adiktif dan bikin kepala mangut – mangut ini disebut sebagai karya gagal ? Meski banyak nada – nada sumbang menilai bahwa etos kerja sang komposer Yoo Young Jin di lagu ini tidaklah menyamai etos-nya di Sorry – Sorry

Kali ini, mari kita menengok sejenak dengan pikiran kritis meski sedikit radikal. Artikel ini hendaklah jangan dilihat dan dibaca dengan dahi berkerut. Baca saja sesuai judulnya Mr. Simple ~ LOL ! Kita akan belajar bagaimana caranya menjadi seorang krtikus musik yang tidak membabi buta menilai sebuah lagu dari sisi seorang “fandom”.

SM atau Yoo Young Jin, apakah mereka pernah berpikir jauh ke depan bahwa menempatkan lagu SUPERMAN menjadi sebuah opening intro promosi Mr Simple membawa “gelombang” yang sedikit menghambat laju Mr. Simple itu sendiri ?

Para kritikus musik menilai, dibandingkan dengan Mr. Simple yang menjadi hot-track dan dipasang sebagai lagu andalan di album ke 5 ini, justru malah sebaliknya. Lagu yang diibaratkan “si anak tiri” ini malah menjadi satu – satunya lagi yangdipuji memiliki “kualitas” Superior.

Dibanding Mr Simple, justru lagu Superman-lah yang betul – betul membawa image sebagai lagu “superior” dengan beat kompleks ditambah line penutup  “the last man standing” ~ Meski hanya berdurasi 2 menit, tapi waktu yang singkat tersebut cukup mengijinkan sebuah lagu ini mencitrakan Superjunior sebagai King of Hallyu.

Point singkat dari lagu Superman yang membawa pujian adalah dimana melalui lagu inilah masing – masing personel SJ diberi kesempatan dalam porsi yang memadai untuk menunjukan “best point” mereka dalam musikalitas.

Bahkan bagi trio Kyuhyun, Ryeowook, and Yesung‘s individuL line yang mereka nyanyikan selain benar – benar memperlihatkan kualitas suara mereka juga turut memberi ruang bagi ketiganya menunjukan style bernyanyi yang berbeda satu sama lain. Sesuatu yang mungkin sulit kita jumpai di lagu – lagu ballad mereka selain Sorry sorry answer. Donghae dan Eunhyuk –pun sepertinya bisa senang karena mereka mendapat porsi rap mereka dan menunjukan bahwa inilah kali pertama mereka semua mendapat porsi seimbang di sebuah lagu.

Tapi pertanyaannya, adalah mengapa SM justru tidak memasukan lagu “superior” ini ke dalam album Mr. Simple ? dan malah memasang lagu Opera sebagai single kedua ? hal tersebut yang selalu disayangkan oleh para kritikus. Mereka menilai SM seolah tidak melihat “gajah” di pelupuk mata.

Bagaimana mungkin lagu superman yang dinilai salah satu lagu SJ terbaik setelah Sorry Sorry malah hanya mendapat jatah promosi 1 minggu  atau hanya beberapa bulan kedepan ? Mereka miris melihat betapa SM bersusah payah menambahkan autotune dan segala efek di dalam album Mr Simple agar terasa lebih “wah” tapi malah menggarap setengah hati lagu yang justru memiliki nilai “musikalitas” bagi Super Junior itu sendiri.

Bahkan Material teaser e 2 Mr simple jauh lebih “nyambung” dengan Superman. Apakah SM sudah kehilangan daya kreatifitas mereka ? Yoo Young Jin sendiri yang merupakan salah satu talent material kepunyaan SM yang melahirkan berbagai HIT lagu sepertinya malah justru terbebani bahwa yang lagu – lagu ciptaannya haruslah lagu – lagu yang bisa menjadi HIT dan mengikuti Trend.

Dan pad akhirnya ia malah terjebak dalam dimensi dimana ia harus mengesampingkan idealisme-nya sebagai komposer dalam mencipta lagu. Yoo Young Jin seolah meninggalkan esensi musikalitas dan kreatifitas sebuah lagu dan terjebak dalam trend musik yang berada di jalur yang sama. “ Yang penting adiktif dan jadi HIT “

Superjunior terbebani dengan konsep sorry Sorry dan Bonamana. Okelah bila disebut mengikuti komposisi melodi SJ FUNKY atau apalah itu. Padahal, kalau boleh jujur, terkadang fans-pun justru merindukan originalitas dan musik yang jauh lebih “dewasa” dibanding sebelumnya. Tidak ada seorang-pun dari kita yang memaksa bahwa lagu mereka haruslah SJ Funky. Kita tentunya lebih menginginkan lagu yang mungkin lebih “berisi” dan memiliki “bobot”

Superjunior is a MAN not SUPERMAN…but SUPERMAN is a SUPERIOR song for SUPERJUNIOR


This entry was posted by Abo.

47 thoughts on “SUPERMAN vs MR.SIMPLE which one is the BEST ?

  1. Yeah..!! This is what i like from my noona’s article.. SIMPLE and easy too read and….HONEST !!
    Hohoho..
    Saya ambil jalan netral, masukin superman ke versi B/repackage.. How is it?
    Tapi jujur.. Genre SJ Funky yang daebak buat saya cm Sorry-Sorry.. Not bonamana or mr.simple..
    However, i like super junior more than any BB on this world..i like them so much..
    *myopinion,don’t bash me LoL

  2. Kalo menurut gw sih. SM di Album ini emang agak gajelas.. Mungkin SM bingung kali ya anak sebanyak itu mau diapain LOL -_-
    Harusnya sih SM kalo mau bikin tema si “Mr. Simple” itu harusnya foto2 nya di sesuain juga,jadi jangan gantung. Gimana ya susah jelasinya! Wkwk ._. Konsep + lagu yang paling klop sepanjang inisih cuma Sorry Sorry doang kayaknya. Kalo Bonamana kayaknya album nanggung gimana gitu,kaya ga niat bikin album. Kalo Mr Simple ya itu.. Gantung. Kalo Don’t don sama Twins aku bilang malah parah *don’t bash* tapi SM gitu sih ya daridulu,banyak kurang tapi menarik (?) Untuk SM gw kasih nilai 85 aja kkkkk~

  3. Ebusettttt,…!!!!!! Dois artikelnya keren gilak!!!!!! Sayah pilih Dois ajj^^ (eh)
    Bisa jadi wacana baru buat ELF ini^^

  4. ya jujur sich.. waktu denger lagu superman jadi into.na mr simple, aku emanx lebih tetarik sama superman cz di akhir lagu gaya the last man standing.na ga nahan keren gila… so aku sekarang lebih sering muter lagu superman dari pada mr simple.. tapi it’s ok… selama ga ada pihak yang dirugiin, yang penting SUJU DAEBAK… wkwkw

  5. Jujur aja sih, pas mereka comeback paling ‘wah’ itu emang lagu Superman, sampe melongo ngeliatnya sangking pesona dan kharisma mereka keluar plus sangat memukau, malahan Mr.Simple jadi turun level gara-gara Superman, hahaha *ampuun*. Tapi.. walo pun gitu, Mr.Simple tetep jadi lagu favorit, karna udah bikin pikiran agak sedikit simpel *halah*

    Terus dukung aja, dan berharap lagu yang dianggap “HIT” emang layak dan bisa jadi “HIT”🙂

    Super Junior, Fighting! Yoo Young Jin, Fighting!

  6. Gw suka mr simple paling addictive apalagi bagian ‘bara mr simple simple’ jd pengen kepret tangan LOL B-) … SUPERMAN juga lagu bagus apalgi dtmbh fanchant elf d mucore jdny keren bgt ud q jdkn mp3 hehe…tapi sayangny lagu superman emang kurang cocok dijadikan introny mr simple lebih cocok buat lagu don’t don setara, teriakan akhirny juga pas kan? ‘THE LAST MAN STANDING SUPER JUNIOOR!!’ jdny g kebanting satu sama lain.

  7. Wuiihh artikelnya nuna keren abis… StarJunior Superior! Menurut saya mungkin karena lagu superman ini dulu sudah pernah tayang jadi tidak termasuk lagu baru. Jadi tidak dimasukkan dalam album baru Suju. Dan klo dilihat dari superman vs mrsimple itu dilihat secara objektif. Klo saya berpihak pada SM, memasukkan superman hanya sebagai pendamping mrsimple. Meski lagu superman versi full tapi lagu ini tidak cocok untuk dimasukkan pada album. Saya tidak bisa menikmati lagu ini kalau hnya dari cd/mp3 tidak ada gairah.saya baru bisa menikmati lagu superman kalau langsung dibawakan live oleh Superjunior. Laen halnya dengan mrsimple saya bisa menikmati kapanpun dari manapun,radio,mp3,maupun live. Karena saya bisa ikut menyanyikan dan ikut dance ‘Kepret’ (name from ELF indonesia for mrsimple dance) laen dengan lagu superman saya hanya bisa ikut bagian ending ‘the last man standing’. Jadi harus saya akui saya setuju dengan keputusan SM. Kan semua ini untuk kepuasan kita para ELF.

  8. Akhirnya ada postingan seperti ini juga ㅠㅠ

    Setuju sekali sama postingan ini. Dengan membuat promosi Superman disandingkan dengan Mr. Simple akan membuat semua mata menyipit kearah perusahaan. Orang-orang tahu sekarang, mana lagu yang jauh lebih berkualitas, yang bener-bener mencerminkan Suju itu, semua member kebagian line dengan rata, yang lebih enak didengar. Bukannya mau nyindir perusahaan… Tapi memang sepertinya dari tahun ke tahun ada sesuatu yang kasat mata, kadang tak kasat mata, yang selalu terulang dan hal itu yang selalu membuat Suju mendapat sedikit minus dimata kritikus dan pencinta musik.

    Sejauh ini karna Suju sudah berada di titik puncak dengan Sorry Sorry yang menduniakan namanya, jadi ya mau gak mau, mereka semua pasti akan menilik lagi ke Sorry Sorry dan bikin formula yang sama, autone dimana-mana (apalagi 4jib, Miinah), beat yang menghentak dan techno yang berlebihan. Dan karna sudah lewati masa jaya, untuk kembali ke atas agak lucu rasanya… Dimana-mana pernyanyi kan cuma punya satu lagu hit yang populer, gak ada dua atau lebih, itu kan udah hukum alamnya, ya kecuali benar2 penyanyi yang bikin lagu sendiri dan aransemen sendiri. Jadi memang ini udah keliatan, memaksakan, mau gak mau pasti setuju.

    Dan urusan Yoo Young Jin… Mungkin saya punya pendapat lain, kak Dois. Dia bukan segalanya di SM. Mungkin dia adalah orang dibalik lagu2 terkenal di Korea Selatan, tapi tetap saja masih ada langit diatas langit. Namanya juga komposer bayaran perusahaan, pekerjaannya juga masih dipilah-pilih atau dikasih konsep dari perusahaan. Kalau di bilang beliau sudah gak ada musikalitas yang se-wah jaman Sorry Sorry, ini buktinya, Superman! Itu dia, komposer kan bukan yang punya perusahaan. Perusahaan cuma bisa bilang, ‘Kita persiapin Super Junior buat comeback ya! Mumpung semuanya udah tahu SM Town Paris kita heboh banget, trus Suju kan yang paling banyak di kenal di Paris/Eropa, jadi siapin lagu bagus ya! Netral, yang gak nyeleneh liriknya, umum, tapi tetep yang biar bisa masuk chart Eropa dan Amerika!’ Jadi deh Mr. Simple. Superman? Unexpected. Si anak tiri yang membuat semua orang bertanya-tanya dan si main song sendiri malah kebalikan, menuai banyak sinis dari banyak arah. Karna dimana mana udah keluar review yang bener-bener pedes kayak cabe jolokia dari India, tapi memang benar kenyataannya, ya mau dibilang apa? Inilah realita. Kenapa SM membuat lagu Superman gak jelas tuntrungannya dan, yah, menurut saya urutan track list ini dan lagu2nya agak berantakan, kenapa masih ada saja terjadi seperti ini kepada Raja Hallyu yang sudah menaklukan daratan Eropa dan sekitarnya? Rujuk lagi deh dengan urusan foto2 teaser yang bener-bener gak nyambungㅠㅠ

    Tapi saya sendiri gak mau pikirin urusan yg ganjel ini, urusan track list album, MV yang bener-bener jauh dari kenyataan teaser, asal orang-orang yang kita cintai itu masih bisa berdiri tegak diatas panggung dengan formasi Super Junior. Tidak ingin berpikiran bahwa Suju jadi anak tiri lagi, blah blah blah, ya tapi setidaknya fans tetap lah fans. Tetap mendukung idolanya. Saya masih fans kok, tapi kalau ada sesuatu yang melenceng against my idols, saya bisa keluar dari mata fandom saya dan bicara yang benar, walaupun menentang fandom itu. Karna itu kenyataannya. Jujur ^^

    Ka Dois udah lama gak bikin posting kayak begini….. Saya jadi akhirnya bisa ikutan bersuara, ada kawan ternyata ㅠㅠ jadinya bisa ikut beropini, hehe maaf kepanjangan yaa, thank youuuuu kak^^

  9. Yeah, Superman is good. But Mr Simple jg g kalah kok. Musiknya ok. Bisa bikin kepala goyang2. Liriknya juga keren. Y jd masalah cuma terlalu byk autotune aja. Bikin suara original penyanyinya kurang kedengaran ^_^

  10. Ping-balik: Tuduh SuJu Plagiat, Produser NSG Star Minta Maaf | Masih Hangat

  11. Just have a same feeling,,

    Mr.Simple bagus tp sebagai fans terus terang saya belum pernah sekalipun ngerasain merinding liat mereka perform sebuah lagu untuk pertama kalinya kecuali y lagu Superman ini..

    Dari awal ditampilin waktu acara akhir tahun lalu udah ngerasa ada ikatan sama lagu ini,,apalagi sekarang full version rasanya jauh lebih ‘nampar’..

    Di lagu ini walaupun belum tau artinya pas pertama kali denger tapi bikin kesan yg kuat bgt klo Super Junior emg bener2 SUPERIOR dan saya merasa BANGGA sebagai fans..

    Flashback sendiri jadinya,,ngebayangin gimana kerasnya perjuangan&pengorbanan mereka sampai mereka bisa ada di posisi sekarang ini,,mereka bener2 SUPER sebagai individu..

    Tears are just flowing ~~~

  12. sebagai fans, tentu yang pertama kali terlihat atau terdengar adalah yang baik dari idolanya..
    dan baik n bagus buat fans, belum tentu baik n bagus juga buat SM atau kritikus musik
    di dunia ini semuanya pasti pernah ada di bawah, pernah ada di atas..Suju ada di puncak popularitas saat ini, berawal dr sorry2, jd mungkin saat datang dg penerus sorry2, orang akan selalu menilik ke sorry2, dan membandingkan..
    Superman memang bagus, tapi SM tentunya punya pandangan lain kenapa g masukin lagu itu ke tracklist 5jib, entah dari sisi bisnis, selera pasar, tren atau apapun..

  13. kalo menurutku c mgkin krna lyric . Superman, lagu itu hanya bisa dinyanyikan oleh Suju, sedang sebuah album adalah yg bisa diNyanyikan smua orang.
    awalnya sedikt kcewa juga c dg MrSimple, autotune again? cz Q bharap lagu sjenis Dont don yg bakal keluar. tp itulah genre Suju, SJ FUNKY.
    MrSimple enak kq, hanya pz bagian reff too berisik, g kdenger suara mreka. u/ seusia mereka emank harusny pilih lagu yg lbh brBobot.
    Superman Keren (bangettt), good Quality, tp ga cocok u/ lagu dr sbuah album (dr Lirik) .

  14. Setuju . Entah kenapa selalu deg.2.an pas bag akhir , the last man standing . Dan sejujurnya sya emg lbh suka superman drpda mr.simple , entah kenapa.

  15. berarti rata2 elf juga lebih suka superman ya, kalo gw sih, karna pas gayo daejun itu udah dgr intronya superman dan menurut gw itu keren bgt, jadi pas dgr superman lagi gw suka bgt, lagu mr simple sendiri emg terkesan sangat funky, mungkin itu yg ditekankan sm buat SUJU, sm terlalu terpaku sama sorry sorry.

    tapi. gw trully a fangirl, so i don’t mind lagu apa aja yg penting itu suju.😀 tapi sebenernya gw pgn juga lah dgr donghae nyanyi lagu2 segenre ama fact and fictionnya beast. i think it’ll be so great.

  16. Di lagu Superman juga keliatannya nunjukin couple2!
    Yewook, Eunhae, Kyumin, Sichul
    (otak fujoshi kumat)
    coba kalo mereka lengkap pasti lagu superman yang dibawakan terasa lebih indah dan terkesan lagu buat THE KING OF HALLYU

  17. Setuju ma artikelx ka’ dois n beberapa komen di atas..
    Lagu Superman itu yg paling bikin merinding, tapi mungkin karena ngebias juga, q jg msh suka mr.simple..keke..
    SM memang terlalu berpatokan sama lagu sorry2, SM sepertinya lebih berusaha menciptakan lagu yang ‘wah’ daripada menonjolkan kualitas musik mereka..
    padahal kalo oppadeul suju dimanfaatkan bakat bikin lagunya mereka, pasti bisa jadi hits jg.. ^^

    tapi namanya juga udah ngefans, apapun yang dinyanyiin SUJU pasti bagus2 aja, hehehe..

  18. Superman emang keren, endingnya kena bgt g kayak mr. simple yg masih ngambang. Tapi ada juga kelemahan dari superman, selain durasinya yg dikit, pembagian jatah nyanyinya g sebagus mr. simple. Lihat aja, waktu awal2 siwon kelihatan, tp dari tengah sampe akhir nggak tau kemana “tenggelam”
    Emang sorry-sorry yg paling ok ^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: