Fair Trade Commission forces SM to revise unfair contracts

https://starjunior.files.wordpress.com/2010/12/sm.jpg?w=300Hu..hu..hu, kalau ditanya apa yang paling nyebelin nulis artikel SJ di blog, jawabannya itu kalau udah nyangkut paut soal masalah kontrak de-el-el ~ SM Entertainment baru – baru ini kena “ciduk” lembaga Fair Trade Commission setelah berbulan – bulan seolah tidak tersentuh hokum akhirnya perusahaan ini kena “sentil” juga. Kedatangan panitia FTC membawa sederet PR~ pekerjaan Rumah yang harus diselesaikan oleh SM yakni  merevisi kontrak  tidak adil yang mengikat SNSD, Super Junior, SHINee, dan artis – artis mereka yang lain.

Pada 23 Desember, Fair Trade Commission menyatakan, “Kami memberi mereka peringatan untuk secara sukarela dan penuh kesadaran memperbaiki kontrak eksklusif tidak adil yang telah ditandatanganioleh para artis mereka “ FTC menuntut SM untuk memotong masa kontrak kerja para artisnya sebanyak 3 tahun dari jangka waktu yang ditetapkan sebelumnya. Keputusan oleh FTC ini didasarkan dari keluhan yang disuarakan oleh fanclub TVXQ, Cassiopeia. Kelompok ini menuduh bahwa SM Entertainment menggunakan status mereka untuk menekan TVXQ menandatangani kontrak “budak”

Pelanggaran SM Entertainment, seperti yang diungkapkan oleh FTC, terletak pada pasal – pasal kontrak yang tidak adil. Kondisi ini memaksa para seniman untuk menandatangani surat kerja untuk jangka waktu yang panjang, Ada juga pasala – pasal yang memungkinkan perusahaan untuk memperpanjang kontrak luar negeri tanpa berkonsultasi terlebih dahulu artis yang bersangkutan. Dengan kata lain “pemaksaan” ~suka gak suka harus kerja, padahal posisi perusahaan seharusnya hanya bertindak sebagai pengatur  dan mengkordinir jadwal

FTC menuntut agar jangka waktu kontrak diubah menjadi paling lama 7 tahun. Sebelum ini, SM mencatumkan angka 10-13 tahun untuks eorang artis seperti mendekam dalam tahanan. Jika artis memutuskan untuk mengakhiri kontrak mereka sebelum waktunya, mereka dikenakan hukuman berat, mereka diwajibkan membayar tiga kali jumlah investasi, ditambah dua kali lipat pendapatan yang ia hasilkan sepanjang terikat kontrak.

Singkatnya, meskipun kontrak itu dihentikan, artis ini harus membayar dua kali lipat dari jumlah uang yang mereka akan dibuat dalam beberapa tahun ‘x’. Itu sama saja dengan membuat si artis “jatuh miskin” hingga ke akar – akarnya ~ LOL

Tak berapa lama setelah artikel soal tuntutan ini muncul, SM pun angkat bicara memberikan keterangan seputar masalah ini. Mungkinkah salah satu alasan Lee Soo Man, menjual semua asetnya di SM dan benar – benar “lepas” dikarenakan ia sudah lelah menjadi sasaran amukan sumpah serapah dari public karena selama ini SM memang identic dengan nama Soo Man meskipun si bapak tua ini sudah tinggal di NY dan tidak ada sangkut pautnya lagi dengan kondisi perusahaan di Seoul.

Menurut SM, pihaknya sudah mengikuti aturan dari FTC dengan merevisi kontrak kerja para artisnya. Mereka sudah memotong masa 3 tahun BoA, TVXQ, Super Junior, SNSD, SHINee, f (x), dan The Trax. Mereka juga melanjutkan, “Sebagai pemimpin industri, kami telah bekerja sama dengan Majelis Nasional dan birokrasi terkait  untuk melindungi hak dan kepentingan para selebriti kita, dan untuk membantu dalam kemajuan industri hiburan Korea dan HAllyu wave. “

Selain itu kontrak baru tersebut dibuat dibawah pengawasan FTC jadi mereka berani menjamin kontrak baru ini sudah adil dan sesuai aturan yang berlaku.

 

 

 

 

CR: SPN via Nate + allkpop.com

 


This entry was posted by Abo.

23 thoughts on “Fair Trade Commission forces SM to revise unfair contracts

  1. Hahaha.. Kena jg SM. Mski gw pesimis SM bkal 100% berubah, tp ini awal yg baik. Tp Gw tetep brharap suju keluar dr SM dan Han gabung lg deh. Hehe.. (ngarep)

  2. berubah lebih baik daripada tidak. bagus kalo mereka sadar walaupun SUPER TELAT .___.
    yg penting lindungi dulu artis2mu yg masih dibawah naungan kalian.. dan please jangan sakiti suju lebih lagi ;___;

  3. Ping-balik: Tweets that mention Fair Trade Commission forces SM to revise unfair contracts « -- Topsy.com

  4. bisa gak niyh selamanya aja KFC itu ngawasin SME selamanya? Terkhusus selama SUJU di SME? Gw gak percaya ama SME…*sriusan
    Kasihan lee soo man,,gw rasa akibat kebodohan anak buahnya,,dy berasa yang kena getahnya. Makanya pak lee soo man ngerekrut anak buah yang bs dipercayai,,jangan yg maruk.

    Tuhannn..smoga super junior baik2 aja dsana, klopun gak tahan, oppa mding kluar aja..gw akan tetap dukung mereka biarkata kluar SME mereka gak seheboh sekarang. Gw rela asal mereka bahagia.

  5. elf ma fandom laen kudu makasih bnget k cassie. hehehe.
    coba aja han tahan bentaaar aja. tapi ya mau gmana lg. soo man kasian amat,gara2 anak buahnya pada resek dya ngelus dada jadi cacian fans.

  6. thanks god! kau tlah membuka pintu hati SM! hidayah tlah dtg padamu SM jd bertobatlah!*bru diajarin siwon tadi kekeke*
    semoga dgn kebijakkn kntrk bru SM super junior akan menjd 13+15 lg!!
    please hankyung oppa come back!
    kangen bgt pengen liat mereka bersama lg T-T
    para cassiopea onnie/oppa thanks bgt udah menjadi penegak keadilan,,ayo para elf semua skrg giliran qt menegakkn keadilan diGDA!!

  7. akhirnya,,,memang sepandai pandainya tupai meloncat akhirnyya jatuh juga, ,,,emang blum sih tapi nanti,,,
    dan smoga tuh sm brubah dan mengembalikan member suju sperti semula…dan melihat mreka bersama lagi,,,

  8. akhirnya…
    smg dgn kontrak yg baru, smua artis sm g ad yg mrasa dirugikan… n sejahtera selalu terutama uri suju oppadeul…😀

  9. Astaga, ternyata bener dunk kl selama ini SM menjalankan kontrak “budak” thdp artisnya?? Ckckckck…..kontrak exclusive 13 tahun. SM lo kkira tuh para artis sapi perah yah. Hidup mrka g cuma utk bekerja doank. 13 tahun. Bisa pada jadi bujang lapuk semua tuh para member suju kl kyk gitu.

    Bagus tuh FTC. Sentil aja terus tuh SM. Apa bila perlu dipelintir skalian. Kasian bgt pak So Man y slalu djadikan kambing hitam oleh SM.

  10. setuju ma komen2 diatas, moga aj kedepanny SM bisa bikin kontrak yg adil n sesuai aturan biar ga ad pihak yg dirugikan… n moga anak2 SUJU memdptkan perlakuan yg lbh baik n adil…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: