Kim Jang Hoon speak up about Hangeng…

Penyanyi Kim Jang Hoon ~ yang sempat menjadi bintang tamu dia acara SJ’show ~ secara tidak langsung ikut terseret dalam konflik yang kurang mengenakkan berkaitan dengan kontroversi CF ~ game online World II di china ~ yang notabene dibintangi oleh Hangeng.

Secara tiba – tiba dan tanpa diduga sama sekali, Jang Hoon meninggalkan pesan panjang ~ hampir mirip love letter ~ di personal homepage miliknya yang terang – terangan langsung mengkritik member SJ yang saat ini berkarir solo di China tersebut.

Hankyung ~ demikian ia menyebut nama Koreanya~ dinilainya tidak jantan dan pengecut dan menurutnya hal tersebut dianggap tidak pantas dilakukan seorang laki – laki ~

posting Kim Jang Hoon’s menulis:

Aku tidak menyinggung soal nasionalisme disini, melainkan hal sederhana yang ada dalam diri setiap manusia yaitu moralitas.

Aku mengenal seorang pemuda bernama Hankyung. Dia anak muda dari Cina yang datang ke Korea dan tampak benar-benar bahagia, itulah sebabnya aku pernah mendorong dan mendukungnya berkarir disini. Setidaknya, aku pikir dia bahagia, sampai ia kembali ke China dan aku mendengar kabar tentangnya ia melanjutkan karirnya disana dengan baik.

Suatu hari, aku mulai mendengar bahwa ia berbicara kalau dirinya jatuh sakit di Korea, dan akhirnya aku melihat CF tersebut dan yang kurasakan saat menontonnya bukanlah perasaan marah, sebaliknya, aku merasa kasihan kepadanya.

Meskipun ia meninggalkan Korea tanpa salam perpisahan, Korea tetaplah negara yang memberinya cinta dan membuatnya seperti sekarang ini. Ia meraih popularitas di China pun berkat bantuan Hallyu Wave, bagaimana mungkin dia melupakan hal ini ?

Andaikan-pun ia melalui waktu yang sulit di sini, paling tidak ia bisa menghargai dan meghormati anggota timnya. Dia mungkin bisa menarik ribuan simpati penggemar dengan keadaannya sekarang ini, tapi aku yakin lambat laun mereka akan bisa melihat dari sisi lebih dalam masalah dan berpaling darinya. Aku tidak marah karena dia memanipulasi popularitas yang muncul setiap kali ia berbicara ia tersiksa di Kora. Sekali lagi, Aku malah merasa kasihan padanya.

Dia tidak layak menjadi manusia.Aku berharap ia bisa menjadi orang besar dan hidup dengan berjiwa besar. Aku berharap dia akan segera menyadari bahwa tindakannya keliru. Sebagai senior yang pernah berjalan di jalan yang sama seperti dia, aku ingin memberikan sebuah saran “

Di masa yang akan datang dimana mungkin dirinya akan meminta maaf, aku ingin mengatakan kepadanya bahwa orang-orang Korea akan selalu membuka hati dan menerimanya. Kami warga berhati lembut, tapi begitu dicemooh, kita akan lebih kuat dari siapapun di luar sana. Sebagai senior, aku menyarankannya untuk berhenti mengumbar masa lalunya. Kita hanyalah manusia, kita semua bisa menjadi orang jahat, tetapi mari, jangan sampai kita menjadi orang yang menyedihkan
aku berharap kamu bahagia “

Kontroversi ini dimulai sejak CF game online tersebut dirilis. Dalam CF tersebut digambarkan seorang wanita Korea memaki – maki Hangeng dengan bahasa Korea “Hei, hei, bangun. !!”

Hangeng pun kemudian berubah menjadi karakter game dan menyerang wanita itu. Adegan inilah yang konon diprotes public negeri ginseng karena dianggap menggambarkan perasaan Hangeng yang membenci perlakuan SM padanya di Korea.

Perusahaan produksi CF menyatakan, “CF tidak dimaksudkan untuk berbicara buruk tentang Korea, itu hanya sekedar iklan. Kami tidak tahu bahwa Korea yang digunakan dalam CF salah. tidak ada hubungannya terhadap SM Entertainment. “

Netizen ikut mengkritik, ia menilai Hangeng seharusnya bisa memahami bahwa masyarakat Korea tidak bisa menerima iklan semacam ini, “Dia telah di Korea selama bertahun-tahun masa ia tidak tahu bahwa iklan semacam ini tidak dapat diterima Korea?”

Yang lain membela Jang Hoon dengan mengatakan bahwa apa yang dikatakan Jang Hoon adalam cermin perasaan public terutama fans Korea, yang meskipun ia telah pergi kembali ke China, tapi gak sedikit K-ELF yang masih membelanya dan terus memberikan support meski ia telah meninggalkan SJ.

Karenanya, meskipun mungkin Hangeng sendiri tidak terlibat dalam urusan pembuatan CF, toh sebagai actor dirinya hanya dituntut berperan dalam naskah, namun mereka berharap setidaknya Hangeng mampu menjaga perasaan warga Korea. Mereka menginginkan meski mungkin Geng banyak menelan pil pahit dan menerima perlakuan berat sebelah dari perusahaannya, tapi dirinya bisa seperti sekarang ini merupakan berkat dari “efek korea”

Mungkin sejauh ini, baru Kim Jang Hoon-lah yang berani terang – terangan mengungkapkan kekecewaannya. Sepertinya masih banyak artis – artis lainnya yang mungkin berpikiran serupa. Sedangkan bagi Hangeng sendiri, sedari awal ia sudah menekankan bahwa dirinya siap menerima semua kritik yang ditujukan padanya atas keputusan sepihaknya tersebut.


This entry was posted by Abo.

69 thoughts on “Kim Jang Hoon speak up about Hangeng…

  1. sebagai ELF yg jg support hankyung sampe skrg,,gw ngerasa klo perkataan kim jang hoon ada bnarnya kg -_-

  2. Saran Kim Jaan Hoon ada benarnya jg, n rasanya Jaan Hoon merasa kasian ma rekan tim Suju yg lain..
    Lebih baik buat CF yg lebih menonjolkan talenta Hangeng daripada CF yg penuh kontrofersi n bisa nyakitin hati orang lain..
    Semua Members Suju n ELFs masih tetep nganggep Hangeng bagian dari Suju sampai kapanpun jg..

  3. Aku udah nonton CF nya dan menurutku emang udah terlalu.. Penggunaan bahasa Korea disana kesannya bener2 menyinggung SME, apalagi kata2nya seolah bener2 mendeskriditkan Hangeng yg notabene orang China sampe pada akhirnya Hangeng nunjukin dia bener-bener punya konser sendiri..
    Betapapun sakit hatinya Hangeng sama SME, kayaknya dia juga masih perlu untuk bertindak bijak dalam memilih iklan, kenyataannya iklan ini malah menghancurkan image dia sendiri pada akhirnya. Orang Korea yang awalnya masih mendukung dia, bisa jadi berbalik menjadi antisnya karena tersinggung dengan iklan ini.. toh iklan ini kan diperuntukkan untuk orang cina kenapa harus pake bahasa korea kalo emang gak ada tujuan untuk menyinggung pihak2 tertentu?
    Aku sendiri gak pernah membenci Hangeng bahkan sampe saat ini, tapi menurutku kali ini dia melakukan kesalahan TELALU FATAL..
    Ada yang bilang kalo iklan ini sebenernya dalam bahasa Cina, tapi sengaja dipolitisir oleh beberapa pihak dan menggantinya dengan bahasa Korea untuk menghancurkan image Hangeng.. Tapi, jika iklan ini dipublish dan bisa ditonton sm smua orang di televisi masa iya Hangeng gak tau dan diem aja kalo emang dia gak merasa iklan itu sesuai dengan kesepakatan?
    Well.. mudah2n masalah ini cepet bisa diselesaikan, kalo emang bener Hangeng menjadi korban dari pihak2 yang memanfaatkan keadaan smoga bisa diselesaikan, tapi jika emang Hangeng sendiri udah tau tentang masalah ini dari awal mudah2n dia bisa segera minta maaf.. Karir dia udah bagus di Cina sana, jangan sampe dia hancur gara2 kebablasan~ We Love U Hangeng Gege..

  4. aku ELF yang selalu mendukung Super Junior , walaupun Hangeng udah Out tapi bagaimana pun dulu ia anggota Super Junior aku sll mendukung ia.. Dan aku sangat setuju sama @DongHae Lover.. lebih baik perusahaan China buat CF yang menonjolkan Talenta Hangeng.. dan gak perlu di sangkut pautin sama masalah dia *bukan’a bermaksud sok tau kalo perusahaan china berbuat demikian, tapi kalo kita melihat dari luar.. itulah kesan yang kita tangkap*..
    Biarlah permasalahan Hangeng dan SME hanya Han dan SM yang Mengurusinya.. Kita hanyalah Orang luar yang TIDAK MENGETAHUI permasalahan sebenarnya.. ‘The Real Fact’. dan tidak pantas untuk ikut Campur..

    Semoga untuk karir Hangeng makin terang kedepanya tanpa di ikuti masalah masalah.. Dan juga jangan pernah lupakan Korea terutama SUPER JUNIOR yang sudah membantu Hangeng banyak !
    bagaimanapun Super Junior adalah rumah untuk mu dulu.

    Aku Sebagai ELF yakin.. dari Lubuk Hati Hangeng yang paling dalam dya pasti merasa Sangat Berat Meninggalkan Super Junior.. Keadaanlah yang membuat ia seperti sekarang.. aku pun menghargai keputusan yang kau ambil.

    SUPER JUNIOR & HANGENG WE ALWAYS LOVE U ^^

  5. Ohya note : sebener nya sih gw tuh udah nerima kim.jang hoon yang kata nya mau mask Super Junior *bener ga sih??*

    Awal nya gw berpikir ” jangan sape lah kejaian zhoumi henry terulang lagi” tapi kalo kayak gini ,

    dia ga pikir gengfans apa??? Sakit hati ga sih ???

    Dan aku juga udah mikir pasti nanti gengfans sama ELF berdebat lagi deh -____- udah cape serius deh😥

  6. disana heboh,maen sini tampak heboh

    Sejujurnya sebelum ngomong a sampai z,ada satu hal yg gw pikirin : “itu perasaan anak suju gmn yah?”,apalagi anak suju-nya,janganlah kasih beban trs ama mereka.GW BNR2 TERAMAT SDIH

    Buat yg tny diatas kim jang hoon tuh bukannya mu msk suju,cmn dy jd guest acr br suju super junior’s foresight..dy difoto brg ank sj,pk baju samaan..media bilang mirip anggota suju,gtu..

    Gw rasa hangeng oppa hrs BRHATI2 mlangkah deh skarang ini,,oppa ak tau skrg saatnya duniamu,tp Hati2lah dlm mlangkah.GW TAK INGIN MNYALAHKAN hangeng oppa,cm YG GW SYANGKAN adalah knp slama ni hangeng krg hati2 dlm mlangkah?

    Ini bukan sekali dua kalinya hangeng ktiban masalah yg gw yakin media-nya tkadang lebay,cm y tu,,ibaratnya udah tau bnyk org yg mmanfaatkan masalah hangeng,,kog msh bs kena ‘prangkap’

    Soal kim jang hoon juga,GW RASA KURANG ETIS JG,dia tiba2 mempublish komentar bgtu panjang yg nyerangnya k hangeng,KLO MAU BHUB DY MPRMASALAHKAN iklan,kenapa cm hangeng?skalian biro iklan dan pihak lainnya,untung aj biro iklannya lgs mnta maaf.cm knp yg DITULIS di cyworld dy nama hangeng mua?kn bs2 ini dikira cr publisitas,udah ditambah dy baru jd guest acr suju pula.

    At least gw bkn hangeng biased,cm oppa..hati2lah btindak,bkn ap2..minimal hargailah perasaan suju member yg lain.

    Gw tau anak suju dibash anti krn mrk mmilih diam klo mnghadapi masalah,tmsk hangeng.CM BUKANKAH DIAM LBH BAIK DAN BIJAK,ktimbang skrg mlangkah tp salah?

    Udahlah cukup,,tetep aja klo ada masalah gni,,anak suju kbawa lg..kbawa lg

  7. @rheeya
    Memang itulah media,ada yg blg itu hasil rekayasa,ada yg bilang tu bnran..cm yg tpnting,sharusnya bhati-hatilah mlangkah,mu dlm karir,ngomong dan apapun,krn skarang ni media sringkali mmanfaatkan masalah hangeng ni.

    @putriSJ
    Nah itulah,kita hargailah keputusan hangeng,bnyk yg bilang dia disiksa,bnyk jg spekulasi dia pgn lbh terkenal aj.dan anggapan lainnya..GW G PDULI,itu hak stiap org,cm y tolong..gw stuju pndapatmu,kita gak tau REAL FACT-ny spti ap,toh anak suju lainnya pun MHARGAI hangeng oppa..dan buat hangeng mungkin BERHATI2LAH kata yg tepat buat hangeng oppa kedepannya.

    @kimhankyu
    Pasti ada pro kontra,itu wajar..yg g wajar klo mpe berantemnya ini..aisshh!

  8. Emang sebaikny gege juga speak up dan klarifikasi coz bisa2 ribuan elf berbalik jadi antis yang nyerang dia. Karena selama ini kan dia selalu bilang masalahnya hanya antara dia n manajemen. Tapi kok kesannya dia juga menjauh dari member SJ karena jarang banget dia nyebut2 SJ. Bisa2 makin sini kesalahpahaman diantara fans makin besar n ruwet.

  9. Kalo aja eeteuk g bilang ‘harapanku kami bisa berkumpul ber13 sebelum aku wamil’ aku udah jadi antisnya geng.. Skrg diem aja, liat mrka isa kumpul g.. SEMOGA impian teuki dikabulkan ma Tuhan.. Amin

  10. capeeekkk ngurusin hankyung. maunya apa sich ini orang satu.
    coba dech lebih dewasa sedikit. dia pas terima tawaran CF ini khan pasti baca skriptnya!!!
    hargain donk perasaan anak2 suju. gue yakin heechul pun sedih liat CF ini.
    apalagi eeteuk oppa, pasti hatinya terpukul.

    yyaaaa… hankyung-ah… walaupun kau benci SM, tp karena mereka kau terkenal di DUNIA ENTERTAIN!!
    at least put this word in your heart…

    gue bukan antis hankyung, tp gue pecinta super junior.
    karena yg selama ini gue tangkep dari berita hankyung, kesannya anggota suju yg lain tuh enggak pernah perduli sama dia waktu dulu dia dikorea.

  11. fans cuma disuguhin apa yang terlihat di luar, ga pernah tau apa yang benar2 terjadi.
    Hankyung oppa dan KJH oppa semua pasti punya alasan, sah-sah saja.
    Tapi jangan sampai pemberitaan seperti ini malah membuat Suju jadi sedih dan persahabatan suju – hankyung jadi ga baik.
    Tetap dukung hankyung dengan pilihannya, dan CF itu bukan hankyung yg buat, scriptwriter di china yg harusnya lebih berhati2.
    Hankyung oppa, hwaiting !
    Suju oppadeul, hwaiting !

  12. gue gtau mu bilang apa, baca komen2’a cuma bisa nangis..
    bingung. sayang bgt ma gege han, tapi kenapa jg sering banget bikin kontroversi yg gue ykin pasti nyakitin hati anak2 suju..
    gege han tolong, sesakit ati gege jangan pe bikin sakit ati yg laen. pegimanapun anak suju sama elf itu syg sama gege, pkirin prasaan mreka.
    tolong gege, gue gak pengen liat gege dicela mulu gara2 salah jalan. sedih..

  13. 100% ungkapan jang hoon adjushi benar…
    sesuju sangad…
    gege… ak jd b’pikir… ap kau dimanipulasi oleh pihak cina? krn cina mrasa tersaingi oleh korea dalam segala hal??? mulai dr entertaiment… merajalelax hallyu star hmpir dsluruh belahan dunia… sampai asean games skrg ini… korea b’ada dposisi k 2stlh cina… mknx kau bgtu d EXPOSE!!

    mian klo saia t’lalu berlebihan… abaikan atw delete saja klo m’bwt rusuh… hahaha😄

  14. ya, BERHATI2 itu kata yg tepat u/ Han gege.
    Q mghargai stiap kputusan Han, tp kata2 kim jang hoon ada benarnya juga. T.T

  15. gw bingung baca berita ini aja buat gw jadi sedih dan pengen nangis
    ga tau gimana perasaan member suju mereka dengar berita ini
    gw bukan pembenci hangeng tapi ngarsa seharusnya hangeng bisa lebih peka lagi kalo hal2 seperti ini bisa terjadi
    apapun yang terjadi gw cuma berharap hangeng dan suju tetap berhubungan baik

    ah pasti deh kalo ada berita tentang hangeng
    gw selalu deg2an dulu sebelum bacanya *lebay* sigh…

  16. sedikit banyak pemikiranku ama kim jang hoon ini sama ..
    beberapa komentar dy sama ama apa yg aku rasain ..setuju am bbrapa komen kimjanghoon , tapi bukan ttg CFnya,, ini ttg koment yg lain ..

  17. Gw emg blum lhat tu CF
    sdikit gw jg stuju dgn pndapat Kim Jang Hoon…..

    gw hrap koko bsa mengklarifikasi CF tu

Tinggalkan Balasan

