Idols are “Supermen” & “Superwomen” ?

Penilaian yang mengtakan kalau idola K-pop merupakan idola yang paling bekerja keras tidak meleset. Setidaknya dalam 2 tahun terakhir, ratio kemunculan mereka di acara drama, variety dan radio meningkat drastic, sekejap eksistensi mereka menggeser para senior yang sudah terlebih dahulu berlalu lalang di jagat hiburan,

Semua tidak lebih dari tujuan eksistensi. Salah satu pengamat music negeri Sakura menyebut Fan K-pop sebagai fans yang loyal, tapi mudah pindah ke lain hati. Mau tidak mau para idol remaja etrsebut tidak mungkin menggantungkan hidupnya  hanya di ladang music, mereka tidak mungkin bisa bertahan di dunia showbiz hanya dengan durasi 3 menit penampilan di atas panggung.

Kuantitas vs Kualitas ! Para agensi artis ini lebih memilih Kuantitas, kuantitas singkat,meski memiliki kualitas hasilnya sama saja dengan 0. menurut mereka kualitas seorang idol akan terbentuk seiring dengan banyaknya kuantitas jam terbang. Karenanya, mereka dinilai haruslah bisa sehebat IRON MAN ~ Iron Man yang dalam arti kata stamina kuat yang tidak mengenal kata istirahat. So, dibandingkan dengan skill yang hebat, “stamina” dan daya tahan tubuh sekaligus mental disebut faktor yang lebih utama untuk berkecimpung di dunia K-pop. “ Mau sehebat apapun kemampuannya bernyanyi, tanpa mental baja..mereka akan segera tenggelam…”

SME merupakan pelopor dari pembentukan startegi marketing, Super Junior ‘s sub unit yang dulu sempat ditolak dan menerima kecaman sekarang ini malah menjadi sebuat multi strategi yang semakin banyak dipakai oleh agensi artis lainnya.

Setidaknya sedikit banyak kita mulai bisa menerima metode kerja SME terhadap para artisnya. Meski seringkali di-judge sebagai perusahaan tidak punya hati yang memaksa artisnya kerja siang malam tanpa henti, tanpa hari libur, dll. Mereka terus melaju dengan metode “romusha” mereka. Merekas sebagai perushaan open public tentunya mendengar dan tahun dengan rentetan kecaman masyarakat, tapi tetap bersikukuh tidak mengubah metode mereka meski belakangan ini SM sepertinya lebih melonggarkan jadwal para artis mereka.

Pengamat industry hiburan menilai, meski terkesan “serakah” tapi itu merupakan satu – satunya cara agar eksistensi mereka tetap terjaga dan tidak dilupakan public. Orang menyebutnya “Lightning attack” ~ berbeda dengan para artis Negara paman Sam yang mungkin bisa “cuti” selama 1 tahun kemudian kembali, hal yang sulit diterapkan dengan kondisi dunia hiburan Korea yang jangankan untuk istirahat selama 1 tahun, hilang bebeapa bulan saja dari layar kaca karir mereka bisa langsung meredup. Karenanya SM sendiri sering membuat giliran comeback tanpa jeda untuk artis – artis mereka, mini album-full ablbum- mini album- full album , dst. Mini album merupakan salah satu taktik untuk tetap bisa bertahan tanpa mengeluarkan waktu dan biaya yang besar.

So para idola tak terkecuali SJ sendiri hanya bisa menyerahkan segala sesuatunya dan bekerja sesuai yag dijadwalkan, mereka tidak memiliki waktu untuk berpikir a,b,c,d, siapa cepat merekalah yang akan dapat. So ada quote tentang SM ~ More you love your idol, more you will hate SM~ Serigala berbulu domba atau malah SM merupakan seekor domba berbulu serigala ????

But…, Idols are not “Supermen” & “Superwomen” ?, They are human who want to rest too, but still….

credit: sookyeong


This entry was posted by Abo.

27 thoughts on “Idols are “Supermen” & “Superwomen” ?

  1. semoga SM bisa mengerti kalo artis2nya bukan robot yang tinggal ganti baterai langsung bisa kerja lagi…
    oppa2 tetep semangat.
    ELF selalu mendukung!
    hwaiting!!

  2. setuju ma kuantitas di korea lbih di perhitungkan dripda kualitas..
    liat ajah the grace yg sangat2 bkualitas mlah ketelen ma GB yg kualitasna jauh dbwah mereka..hanya karena harus selalu “eksis” biar ga cpet di lupain org..
    bner juga apa kta pengamat musik jepang yg blg fans korea loyal tpi mudah pindah k lain hati..soalna hampir tiap bulan ad ajah artis yg debut!ga salah klo GB-BB senior peringkatna trus menurun, pdahal blm tentu lbih bagus dripada seniorna. aneh!
    sbenerna kasian tpi apadaya..dunia hiburan disana bgitu adanya…

  3. semoga bagaimanapun,,artis2 itu msh bisa menikmati kerja keras mereka dengan layak dan adil.
    buat suju,,,semoga bisa eksis terus sampe kapanpun dan yg plg penting tetep jaga kesehatan.

  4. ada beberapa point yg gw quote dan suka niyh *kbtulan tadi baca versi eng-nya*

    1.fans korea itu ROYAL, TAPI GAK SETIA. gw setuuuujjuuu sekali sama yg ini, dari dulu ampe sekarang,orang korea pikirannya kadang gw gak ngerti, mereka bisa muja bgt 1 artis, tapi dalam satu waktu jatuhin itu artis juga. Inilah bedanya fans jepang ama korea, orang jepang dia selain royal kayaknya setia juga, gak percaya? kita liat jangka waktu fans jepang bertahan ama idlanya, misalkan gw ambil contoh laruku dari band dan smap x smap dari grup, laruku bahkan beberapa kali cuti istirahat buat nenangin diri dari kjenuhan, TAPI fans jepangnya ampe sekarang “GAK ADA ISTILAH BOSAN” sampai sekarang (etis gw bkn fans laruku) cmn gw salut ajah ama cara kerja fans jepang, yg GW SAYANGKAN DARI FANS KOREA, baru muncul grup baru langsung pada suka, di jepang rasa strict klo nerima artis baru. Mungkin itulah SALAH satu alasan, knp artis jepang karirnya BISA LAMA (bukannya gw ngejelekin orang korea,cmn mang knyataan yg gw liat demikian,mianhe klo ada yg g suka).

    2.karena permintaan pasar yg cepat berubahlah mangkanya manajemen melakukan cara “APAPUN” biar artisnya mampu bersaing, yah termasuk kerja rodi bgitu, itulah alasan juga mereka gampang bgt ngerilis artis baru.

    3. SUJU PELOPOR, bagaimanapun kita harus ngakuin ini, zaman dulu (di korea yah, klo jepang ada) mana ada grup dgn member banyak bgini?. Dalam hal ini GW NGAKUIN kejelian SM merekrut membernya dgn banyak multitalenta, YG DISAYANGKAN ADALAH sekarang akibatnya banyak bgt yg “niru” konsep suju yg anggotanya banyak, penyanyi tapi punya kerjaan di bidang lain dgn sukses -____-, dimana-mana yg ngikutin seharusnya sih gak lebih bagus dari yang diikuti, tul gak ? ^___- v

    4. IDOL BAK SUPERHERO, yah mau gimana lagi, seperti yg gw bilang diatas, fans korea mudah pindah ke artis lain, gampang banget ngeritik netizennya. Selama permintaan pasar korea kayak gini, gw rasa sulit menghilangkan IMAGE artis korea WAJIB TAHAN BANTING, manajemen sih pasti mikirnya “bagaimana artis gw ngehasilin duit mulu,ditengah banyaknya saingan?”.

    hanya berharap, hal ini nantinya akan menjadi lebih baik. GW SUKA NGELIAT IDOLA GW ADA DI TV. KONSER DAN SEBAGAINYA, TAPI GW LEBIH SUKA LAGI NGELIAT IDOLA GW SEHAT DAN BAHAGIA. -____-

  5. mianhe comment gw kpanjangan,hanya ingin mengutarakan apa dalam hati *bow minta maaf*

    @dubidubidam
    gw setuju pendapat lo, akibat fans korea yang arahnya “masih gak jelas”, yg dalam istilah gw “royal,tapi gak setia”, terkadang hal ini menyebabkan orang begitu gampangnya “MEMBUANG” artis yg bertalenta. karena itu gw heran kadang-kadang, ibaratnya “ARTIS UDAH SEBAGUS ITU, SE-MEMBANGGAKAN KOREA KAYAK GITU, MASIH JUGA DIKRITIK ORANG KOREANYA sendiri?”

    sama kayak lo “tapi mau gimana lagi, INI REALITA HIBURAN SANA” -___-

  6. chingu TIME TO VOTE SUPER JUNIOR, sbg grup paling banyak dicari di yahoo korea, tahun maren kita menang dgn 992 vote, MARI JADIKAN TAHUN INI 1juta.
    sekarang DBSK masih no.1, suju no.1, SNSD no.3

    caranya gampang :cuman klik kotak biru/ungu dibawa ajah.
    biar gampang mending buka page sitenya 10 kali jadi beberapa tab, terus klik satu persatu tombol ungu/birunya, tanpa harus mematikan tab yg lain.

    ini linknya : http://kr.rival.kids.yahoo.com/rival/favor/index.html?ac=favor&tac=view&category=1&code=201008&rcd=6008&cd=223&&&_cntCd=223&BMD=read

  7. Showbiz korea emang ky gitu…
    Tekanannya banyak…
    Salut sekaligus benci ama SME…
    Dlm perekrutan artis korea emang top1
    tapi ngasi kerjaannya tega bgt..romusha…

    @tsuki1010:
    artis2 korea, termasuk suju, diperas jadwalnya tanpa jeda.
    tapi, kita bisa buktikan teori “kerja tanpa jeda” itu berlaku utk semuanya atau ga…
    kita buktikan pertengahan agustus ini…(ini anaragram)

    @temen2 yg lain:
    dukung terus suju yah…dukung dgn segala apa yg lo bisa lakuin…
    minimal lo view / listen lagu2 mereka di site2 official.
    yg punya duit lebih, jgn cuma donlot, beli album aslinya…
    Kita ELF int’l harus dukung suju
    buktikan bahwa ELF itu fanbase yg kuat…
    (sori gw narsis, gw bilang kuat, bukan lebih atau paling kuat, berarti yg kuat cuma ELF gitu,hahahaha…mianhae…itu tanda kebanggaan gw sbg ELF)

  8. hmm….
    arasso….
    pantesan grup di jepang awet2 banget…
    padahal jepang ma korea cuma seling dikit yah…

  9. Merdeka…!!! *loh?!*
    Tapi ngomong2 itu fotonya suju sama siapa sih?
    Kok banyak banget orangnya gitu?
    Wajah Kyuhyun sepertinya tak terlihat..

  10. @Ki Sung Hyun it suju ma dbsk wkt jamanny lgu kolaborasi mrk show me your love.. hehe..

    yah, emg bener klo suatu idol g eksis bs2 ….. mknya untuk hal in ak salut ma dbsk n cassie.. dbsk udh bisa dbilang g aktif skrg tp cassie msh bejibun bnyk bgt dluar sana.. hehe.. tp ak yakin sj bs buat elf jd fanbase yg kuat jg.. jd wkt mrk ntar udh g seaktif skrg, msh bnyk elf yg loyal ma mrk.. fighting sj n elf!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: